DEPARTEMEN KURIKULUM

SEPERTI APA KURIKULUM YANG DIGUNAKAN ?

Kurikulum yang kami gunakan adalah Kurikulum Operasional SMK BINA INFORMATIKA (KOS) menggacu pada prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka yang disusun melalui tahapan analisis karakteristik peserta didik, analisis lingkungan belajar, dengan menampung aspirasi anggota, para pemangku kepentingan dan diselaraskan bersama dunia usaha dan dunia Industri untuk mencapai visi misi SMK BINA INFORMATIKA.

SIAPA SASARAN DARI KURIKULUM ?

Peserta didik seyogyanya menjadi focus utama dalam pembelajaran dan asesmen atau penilaian hasil belajar. Usaha untuk menjadikan pesera didik menjadi pembelajar yang aktif akan memudahkan untuk meng-aktualisasaikan tujuan pendidikan yaitu : Berkembangnya karakter dan kompetensi peserta didik.

Setiap peserta didik terlahir dengan kodrat yang unik, yakni tidak ada satupun pribadi yang sama antara satu dengan yang lainnya. Masing-masing siswa memiliki cara dan gaya belajar yang berbeda, memiliki tendensi sendiri dan kemampuan yang berbeda terhadap suatu pelajaran.

Dengan perbedaan tersebut, sasaran kurikulum SMK BINA INFORMATIKA disesuaikan dan diselaraskannya.  Jadi, walaupun materi pelajarannya sama, cara mengajar dan tehnik penilaian guru kepada siswa bisa jadi berbeda-beda. <

Sasaran kurikulum juga ditujukan untuk pihak industri dan dunia kerja dalam rekrutment alumni dan penyerapan tenaga kerja maupun untuk melaksanakan program prakerin atau praktik kerja siswa diindustri. Demikian pula untuk perguruan tinggi, sasaran kurikulum termasuk dalam konversi ataupun penyelarasan mata pelajaran tingkat lanjut.

Selain itu sasaran kurikulum juga ditujukan kepada pihak pemerintah dan orang tua peserta didik sebagai bentuk pertanggung jawaban kerja sekolah.

Bentuk laporan pertanggung jawaban kurikulum selalu kami update pada sistem informasi atau poratal belajar BI Smart

STAFF DEPARTEMEN KURIKULUM

SEPERTI APA KURIKULUM YANG DIGUNAKAN ?

Sebelum masuk kelas untuk mengajar, guru dengan difasilitasi oleh sekolah melakukan analisis Capaian Pembelajaran agar dapat menyusun Tujuan pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran yang  memiliki fungsi serupa dengan silabus.

Dari Alur tujuan pembelajaran tersebut kami membuat sendiri modul ajar yang sepadan dengan RPP yang merupakan materi pelajaran untuk di upload ke portal belajar BI Smart sebagai bahan belajar siswa dan panduan mengajar guru.

SIKLUS PERENCANAAN , PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN GURU

SEPERTI APA ISI MATERI PEMBELAJARAN UNTUK SISWA ?

1. Menerapkan Pembelajaran Abad 21

Yaitu materi pelajaran diarahkan agar terbentuk pemikiran tingkat tingggi (Higher Order Thinking) yaitu pengembangan keterampilan berfikir kritis seperti pemecahan masalah, berfikir kreatif serta mampu berkomunikasi dalam bekerja secara tim sesuai standar dunia kerja yang sangat diperlukan dalam dunia kerja dimasa yang akan datang.

2. Pembelajaran Ter-Diferensiasi

Diferensiasi Produk berfokus pada luaran atau output produk yang akan dihasilkan siswa. Materi pelajaran dibagi untuk 3 karaktersitik peserta didik.  Bagi peserta didik yang memerlukan bimbingan pembelajaran secara terbimbing langsung dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai konten inti materi

Sedangkan bagi peserta didik yang cukup mahir dapat membuat presentasi yang menjelaskan penyelesaian masalah sederhana, dan bagi peserta yang sangat mahir diberikan tugas membuat sebuah inovasi atau menelaah permasalahan yang lebih kompleks.

3. Memperbanyak Metode Projek Based Learning

Selain metode discovery learning, problem based learning inquiry, dll, project based learning merupakan metode yang lebih dominan dan isi materi diarahkan untuk mendorong peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar, agar peserta didik lebih aktif dalam memecahkan masalah proyek dan memperoleh kemampuan atau keterampilan baru sesuai dengan sistem dan prosedur didunia kerja

4. Pembiasaan Budaya Literasi

Modul atau materi pelajaran berisi kegiatan rutin literasi membaca, literasi numerasi dan literasi teknologi untuk mempersiapkan siswa dalam AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) yang merupakan evaluasi belajar yang diselenggarakan dan di inisiasi oleh pemerintah sebagai bentuk quality control pendidikan. 

5. Sistem Belajar tuntas / Mastery Learning

Melalui sistem informasi CBT (komputer Based Test) untuk UTS ONLINE, UAS Praktik dan Remedial Tuntas, maka Materi pelajaran yang dipelajari dan di ujikan dapat diselesaikan secara tuntas karena aplikasi ini dapat menilai secara langsung dan real time hasil pekerjaan siswa dan dapat dimonitoring langsung oleh pihak sekolah

6. Pendekatan Berpusatkan Siswa (Student Centre)

Materi pelajaran diarahkan agar pada proses belajar siswa menjadi lebih dominan dan berperan aktif dikelas, bertanggung jawab dan mandiri. Guru berperan sebagai fasilitator. Student center bertujuan mencegah resistensi dan kejenuhan siswa dalam belajar dan belajar menjadi sebuah tantangan menarik bagi siswa.

Seperti apa kegiatan belajar siswa ?

  1. Jam belajar mulai dari pukul 30 – 16.00 WIB, secara Moving Class,
  2. Memprioritaskan Pembelajaran Berbasis Proyek dan dipersiapkan dengan konsep
  3. Pembelajaran praktik 70 % dan teori 30 %
  4. Absensi kehadiran dilakukan siswa dengan menggunakan taping id card
  5. Kelas Full day, Khusus hari jum’at dimulai dari jam 7.30 s/d 11.30 WIB siang untuk kegiatan program ektrakulikuler
  6. Hari Sabtu diisi dengan program ektrakulikuler, program silang, program pengambangan karier dan bakat atau program pengembangan diri lainnya
  7. Absensi kegiatan belajar pada setiap mata pelajaran dilakukan oleh guru melalui apalikasi BI Smart secara online
  8. Tugas atau hasil belajar siswa di upload ke BI Smat agar dapat di monitoring oleh pihak sekolah dan orang tua.

Seperti apa kegiatan belajar siswa ?

  1. Program supervisi akademik
  2. Semester pendek bagi siswa yang memerlukan bimbingan dan pelajaran tambahan
  3. Seleksi siswa berprestasi tingkat sekolah
  4. Quality control materi ajar dan soal-soal ujian Guru
  5. Pendalaman materi project work atau program kewirausahaan siswa
  6. Quality Plan dan Quality Control Uji Kompetensi Kejuruan oleh pihak industri
  7. Program Silang atau program lintas konsentrasi
  8. Project Work Student
  9. Award untuk Best Project dan Best Student

Lebih lengkapnya Kurikulum Operasional SMK BINA INFORMATIKA dapat anda peroleh di SMK BINA INFORMATIKA.

Privacy Settings
We use cookies to enhance your experience while using our website. If you are using our Services via a browser you can restrict, block or remove cookies through your web browser settings. We also use content and scripts from third parties that may use tracking technologies. You can selectively provide your consent below to allow such third party embeds. For complete information about the cookies we use, data we collect and how we process them, please check our Privacy Policy
Youtube
Consent to display content from - Youtube
Vimeo
Consent to display content from - Vimeo
Google Maps
Consent to display content from - Google