KURIKULUM

Kurikulum SMK BINA INFORMATIKA disusun berdasarkan hasil analis konteks, evaluasi diri sekolah (EDS) serta pengembangan kurikulum dilaksanakan dengan mengacu pada Permendikbud No. 61 tahun 2014. Dengan daya dukungan dari infrastruktur, tenaga pendidik, aplikasi bahan belajar BI BOOK serta penerapan budaya sekolah “Gemar Membaca” menjadikan kurikulum SMK Bina Informatika tersusun menjadi:

gambar1_converted

  • Seperangkat rencana dan pengaturan Pembelajaran

  • Seperangkat tujuan Pembelajaran

  • Isi Pembelajaran

  • Bahan pelajaran

  • Strategi Pembelajaran

  • Pedoman penyelenggaraan kegiatan pendidikan yang komprehensip

Visi 

Menjadikan kurikulum yang dapat menyiapkan, melaksanakan dan siap memasuki dunia kerja sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional

Misi

Menyiapkan Modul dan Bahan tes yang dapat mengungkap bakat dan potensi dalam rangka mempersiapkan calon peserta didik baru

Memfasilitasi dan Mengakomodir persiapan mengajar guru dan peserta didik secara akademik dan administratif

Membantu guru dalam menciptakan kegiatan belajar dan mengajar yang kondusif dalam pembentukan aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan

Mengakomodri dan mengembangkan balan belajar, materi ajar dan modul

Menjadi pengendali mutu bahan belajar dan bahan ujian yang sesuai dengan kurikulum nasional

Mengevaluasi hasil belajar untuk program perbaikan pendidikan

 

Kur

Fungsi Kurikulum

Bagi Orang Tua : 

Menjadi alat ukur yang akurat untuk mengetahui nilai pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang relevan

Bagi Kepala Sekolah :

Sebagai evaluasi kemajuan belajar mengajar, dan barometer keberhasilan program pendidikan

Bagi Industri:

Alat Pemetaan kompetensi dan informasi tenaga kerja yang diperlukan industri 

 

Bagi Pengawas (supervisor) :

Sebagai pedoman atau ukuran dalam menetapkan bagian mana yang memerlukan penyempurnaan atau perbaikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan nasional

Bagi Guru :

Acuan dalam pengembangan profesionalisme dan kompetensi guru, mengembangkan kurikulum, alat ukur keberhasilan mendidik dan mengajar demi mencapai tujuan pembelajaran dan mencapai standar kompetensi Lulusan

Anak-Buku-1-kompress

Jam Belajar

  • Durasi Belajar 07.30 – 16.00 (Senin-Kamis), 07.00 – 11.30 (Jumat), dan 08.00-12.00(Sabtu) dan dilaksanakan secara Moving Class
  • Jumlah Jam Belajar dalam seminggu 48 jam (Senin – Kamis 40 Jam, Jumat 4 Jam, dan 4 Jam di Hari Sabtu oleh guru Industri)
  • Beban belajar terstruktur, tidak terstruktur dan mandiri dilaksanakan sebanyak 60 % dari kegiatan tatap muka pelajaran kelompok A, B, C1 C2 dan C3 dan diakumulasikan kedalam penilaian kompetensi pengetahuan
  • Lama penyelenggaraan pendidikan adalah 3 tahun

Kenaikan dan Kelulusan

  • Kehadiran Komulatif pada setiap semester minimal 90 % (9hari absensi) dihitung dari hari efektif
  • Lulus seluruh mata pelajaran kelompok A dan Kelompok B (KKM 75) dan mata pelajaran kelompok C1, C2, dan C3 dengan (KKM 78)
  • Memperoleh penilaian minimal BAIK pada penilaian 14 sikap religi dan sikap sosial
  • Lulus Ujian Akhir Sekolah Semester 6
  • Memperoleh Penilaian minimal Baik untuk mata pelajaran (Agama, Kewarganegaraan, Seni, Olahraga dan Estetika)
  • Mengikuti,menyelesaikan, dan lulus seluruh program SMK Bina Informatika

Mata Pelajaran

Sistem pembelajaran SMK Bina Informatika menggunakan Kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan sientific, discovery learning, problem base learning, project base learning.

     
Kelompok Mata Pelajaran / Mata Pelajaran

KKM PENGETAHUAN

KKM
KETERAM
PILAN

 

KKM
SIKAP

Nilai

Predikat

Nilai

Predikat

A. Mata Pelajaran Kelompok A :
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti;

75

B-

75

B-

B

2. Pendidikan Pancasila dan   Kewarganegaraan;

75

B-

75

B-

B

3. Bahasa Indonesia;

75

B-

75

B-

B

4. Matematika;

75

B-

75

B-

B

5. Sejarah Indonesia; dan

75

B-

75

B-

B

6. Bahasa Inggris.

75

B-

75

B-

B

Mata Pelajaran Kelompok B :
1. Seni Budaya

75

B-

75

B-

B

2. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

75

B-

75

B-

B

3. Prakarya dan Kewirausahaan

75

B-

75

B-

B

Mata Pelajaran Kelompok C : Animasi

78

B-

78

B-

B

Mata Pelajaran Kelompok C : Broadcasting TV

78

B-

78

B-

B

Mata Pelajaran Kelompok C : Multimedia

78

B-

78

B-

B

Mata Pelajaran Kelompok C : Perangkat Lunak

78

B-

78

B-

B

Mata Pelajaran Kelompok C : Teknik Komputer dan Jaringan

78

B-

78

B-

B

Penilaian

Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik memiliki tujuan untuk: Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi siswa; Menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi; Menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi; Memperbaiki proses pembelajaran; dan Memetakan mutu satuan pendidikan.

Penilaian

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat, bangsa dan negara

Undang-undang Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 Pasal 1