KURIKULUM
Kurikulum SMK BINA INFORMATIKA disusun berdasarkan hasil analis konteks, evaluasi diri sekolah (EDS) serta pengembangan kurikulum dilaksanakan dengan mengacu pada Permendikbud No. 61 tahun 2014. Dengan daya dukungan dari infrastruktur, tenaga pendidik, aplikasi bahan belajar BI BOOK serta penerapan budaya sekolah “Gemar Membaca” menjadikan kurikulum SMK Bina Informatika tersusun menjadi:
-
Seperangkat rencana dan pengaturan Pembelajaran
-
Seperangkat tujuan Pembelajaran
-
Isi Pembelajaran
-
Bahan pelajaran
-
Strategi Pembelajaran
-
Pedoman penyelenggaraan kegiatan pendidikan yang komprehensip
Visi
Menjadikan kurikulum yang dapat menyiapkan, melaksanakan dan siap memasuki dunia kerja sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional
Misi
Menyiapkan Modul dan Bahan tes yang dapat mengungkap bakat dan potensi dalam rangka mempersiapkan calon peserta didik baru
Memfasilitasi dan Mengakomodir persiapan mengajar guru dan peserta didik secara akademik dan administratif
Membantu guru dalam menciptakan kegiatan belajar dan mengajar yang kondusif dalam pembentukan aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan
Mengakomodri dan mengembangkan balan belajar, materi ajar dan modul
Menjadi pengendali mutu bahan belajar dan bahan ujian yang sesuai dengan kurikulum nasional
Mengevaluasi hasil belajar untuk program perbaikan pendidikan
Fungsi Kurikulum
Bagi Orang Tua :
Menjadi alat ukur yang akurat untuk mengetahui nilai pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang relevan
Bagi Kepala Sekolah :
Sebagai evaluasi kemajuan belajar mengajar, dan barometer keberhasilan program pendidikan
Bagi Industri:
Alat Pemetaan kompetensi dan informasi tenaga kerja yang diperlukan industri
Bagi Pengawas (supervisor) :
Sebagai pedoman atau ukuran dalam menetapkan bagian mana yang memerlukan penyempurnaan atau perbaikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan nasional
Bagi Guru :
Acuan dalam pengembangan profesionalisme dan kompetensi guru, mengembangkan kurikulum, alat ukur keberhasilan mendidik dan mengajar demi mencapai tujuan pembelajaran dan mencapai standar kompetensi Lulusan
Jam Belajar
- Durasi Belajar 07.30 – 16.00 (Senin-Kamis), 07.00 – 11.30 (Jumat), dan 08.00-12.00(Sabtu) dan dilaksanakan secara Moving Class
- Jumlah Jam Belajar dalam seminggu 48 jam (Senin – Kamis 40 Jam, Jumat 4 Jam, dan 4 Jam di Hari Sabtu oleh guru Industri)
- Beban belajar terstruktur, tidak terstruktur dan mandiri dilaksanakan sebanyak 60 % dari kegiatan tatap muka pelajaran kelompok A, B, C1 C2 dan C3 dan diakumulasikan kedalam penilaian kompetensi pengetahuan
- Lama penyelenggaraan pendidikan adalah 3 tahun
Kenaikan dan Kelulusan
- Kehadiran Komulatif pada setiap semester minimal 90 % (9hari absensi) dihitung dari hari efektif
- Lulus seluruh mata pelajaran kelompok A dan Kelompok B (KKM 75) dan mata pelajaran kelompok C1, C2, dan C3 dengan (KKM 78)
- Memperoleh penilaian minimal BAIK pada penilaian 14 sikap religi dan sikap sosial
- Lulus Ujian Akhir Sekolah Semester 6
- Memperoleh Penilaian minimal Baik untuk mata pelajaran (Agama, Kewarganegaraan, Seni, Olahraga dan Estetika)
- Mengikuti,menyelesaikan, dan lulus seluruh program SMK Bina Informatika
Mata Pelajaran
Sistem pembelajaran SMK Bina Informatika menggunakan Kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan sientific, discovery learning, problem base learning, project base learning.
|
KKM PENGETAHUAN |
KKM |
KKM |
||
Nilai |
Predikat |
Nilai |
Predikat |
||
A. Mata Pelajaran Kelompok A : | |||||
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti; |
75 |
B- |
75 |
B- |
B |
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan; |
75 |
B- |
75 |
B- |
B |
3. Bahasa Indonesia; |
75 |
B- |
75 |
B- |
B |
4. Matematika; |
75 |
B- |
75 |
B- |
B |
5. Sejarah Indonesia; dan |
75 |
B- |
75 |
B- |
B |
6. Bahasa Inggris. |
75 |
B- |
75 |
B- |
B |
Mata Pelajaran Kelompok B : | |||||
1. Seni Budaya |
75 |
B- |
75 |
B- |
B |
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan |
75 |
B- |
75 |
B- |
B |
3. Prakarya dan Kewirausahaan |
75 |
B- |
75 |
B- |
B |
Mata Pelajaran Kelompok C : Animasi |
78 |
B- |
78 |
B- |
B |
Mata Pelajaran Kelompok C : Broadcasting TV |
78 |
B- |
78 |
B- |
B |
Mata Pelajaran Kelompok C : Multimedia |
78 |
B- |
78 |
B- |
B |
Mata Pelajaran Kelompok C : Perangkat Lunak |
78 |
B- |
78 |
B- |
B |
Mata Pelajaran Kelompok C : Teknik Komputer dan Jaringan |
78 |
B- |
78 |
B- |
B |
Penilaian
Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik memiliki tujuan untuk: Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi siswa; Menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi; Menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi; Memperbaiki proses pembelajaran; dan Memetakan mutu satuan pendidikan.