EKSPLORASI PROGRAM SILANG SEBAGAI PROGRAM UNGGULAN DI SMK BINA INFORMATIKA
Dalam rangka menciptakan Pendidikan yang berkualitas, SMK Bina Informatika sebagai “The Pioneer of IT School” selalu berusaha memberikan inovasi pendidikan yang lebih dari sekadar pembelajaran. SMK Bina Informatika menghadirkan pendidikan yang terintegrasi melalui “Program Silang”, program unggulan yang menawarkan pengalaman holistic bagi peserta didik. Apa itu program silang? Program silang adalah Pembelajaran muatan lokal lintas jurusan (alih program) dalam rangka memenuhi kebutuhan multiskill di dunia usaha dan industri. Program silang dalam kurikulum SMK Bina Informatika berusaha untuk mengatasi pembatasan pada batas-batas antar program keahlian dan menghadirkan pendekatan pendidikan yang terintegrasi dalam pembelajaran pada bidang keahlian Teknologi Informasi dan Seni di SMK Bina Informatika. Program Silang
Apa itu program silang?
Program silang adalah Pembelajaran muatan lokal lintas jurusan (alih program) dalam rangka memenuhi kebutuhan multiskill di dunia usaha dan industri. Program silang dalam kurikulum SMK Bina Informatika berusaha untuk mengatasi pembatasan pada batas-batas antar program keahlian dan menghadirkan pendekatan pendidikan yang terintegrasi dalam pembelajaran pada bidang keahlian Teknologi Informasi dan Seni di SMK Bina Informatika.
Program Silang di SMK Bina Informatika menawarkan pengalaman belajar yang menarik dan mengintegrasikan berbagai bidang keahlian. Dengan pendekatan lintas program keahlian, program ini tidak hanya memperkaya kemampuan peserta didik dalam bidang keahliannya, tetapi juga merangsang perkembangan kemampuan lintas program, membuka pintu untuk eksplorasi kreatif dan pengembangan diri yang lebih luas dalam program keahlian lainnya. Target dalam kegiatan program silang di SMK Bina Informatika adalah dapat memenuhi kebutuhan multitasking dari dunia usaha dan industri.
Pelaksanaan program silang di SMK Bina informatika dilakukan setiap hari Sabtu. Program ini secara eksklusif diikuti oleh peserta didik kelas X dan XI, yang akan mendapatkan pengajaran langsung dari praktisi industri yang kompeten sesuai dengan kebutuhan projek masing-masing program keahliannya. Instruktur yang terlibat tidak hanya ahli di bidangnya, tetapi juga memiliki keahlian spesifik yang sesuai dengan projek pembelajaran, sehingga dipastikan setiap peserta didik dapat menghasilkan projek dengan standar produksi yang relevan dengan dunia usaha dan industri.
Pelaksanaan Program Silang disiapkan dengan cermat melalui tindakan strategis yang dilakukan Departemen Kurikulum, termasuk
(a) menyesuaikan kebutuhan kompetensi dan pencapaian pembelajaran di setiap bidang keahlian,
(b) selektif mencari instruktur yang sesuai dengan kompetensinya,
(c) menggelar rapat koordinasi intensif dengan instruktur Program Silang,
(d) memastikan instruktur menyusun lesson plan dan modul ajar yang terstruktur, serta
(e) Menata jadwal Program Silang dengan cermat.
Pelaksanaan program silang memiliki target dengan ± 10 Pertemuan dan durasi 90 Menit/tatap muka, dengan diberikan target pembelajaran dalam setiap pertemuannya sesuai dengan schedule yang diberikan. Sebagai contoh, dalam program keahlian X Rekayasa Perangkat Lunak, peserta didik diberikan program lintas jurusan bidang Broadcasting dengan projek hasil karya jurnalistik. Proses pembelajaran dimulai dengan pemahaman prosedur pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi, menggali ide pokok, menentukan tema, serta membagi divisi kerja dalam produksi karya jurnalistik, sampai dengan membuat proyek jurnalis reportase dengan tema “Car Free Day di Bintaro”.
Tim Departemen Kurikulum SMK Bina Informatika dalam prosesnya secara aktif melakukan kontrol dan supervisi. Sehingga pada akhir periode, peserta didik dapat melaksanakan ujian akhir program silang sesuai dengan pembelajaran yang dilakukan, dan instruktur memberikan soal serta penilaian berdasarkan indikator yang telah ditetapkan.
Hasil dari ujian ini menjadi gambaran nyata dari perkembangan pembelajaran Program Silang. Berbagai portofolio proyek pembelajaran Program Silang juga turut menggambarkan prestasi peserta selama mengikuti program ini. Berikut beberapa portopolio hasil proyek pembelajaran program silang :
Hasil Karya Jurnalistik Keizory Adzra X Rekayasa Perangkat Lunak
Hasil Desain UI UX Aplikasi Ticketing Petra Natanael
XI Teknik Komputer dan Jaringan
Hasil Karya Motion Graphic Hazril Naufal
XI Broadcast
Hasil Karya Produk Konten Sosial Media Julian Mahardika
X Broadcast
Hasil karya di atas merupakan hasil ujian pada akhir pertemuan pembelajaran program silang yang menjadi tolak ukur kesuksesan peserta didik dalam menguasai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.
Berdasarkan angket yang Departemen Kurikulum berikan kepada para peserta didik tentang testimoni selama mengikuti kegiatan Program Silang pada Semester Ganjil 2023-2024.
sangat baik, dengan adanya progsil saya menegetahui materi di luar jurusan saya, dan menambah pemahaman yang sangat luas. Seperti bagaimana cara mengambil gambar atau video sesuai dengan instruksi dan belajar berinteraksi dengan orang banyak bagaimana cara bertanya yang benar dan menjawab pertanyaan yang bener
Keizory Adzra
karena adanya program silang ini saya bisa jadi mengetahui materi materi di bidang TKJ seperti konfigurasi jaringan, kebetulan ayah saya juga bekerja di bidang IT Jaringan jadi saya bisa satu ilmu dengan ayah saya.
Wildan Abiansyah
Dengan demikian, program silang bukan sekadar inovasi dalam pendidikan, melainkan fondasi bagi pengembangan peserta didik yang siap menghadapi tantangan dunia usaha dan industri yang serba multitasking. Melalui kolaborasi lintas disiplin akan membentuk lingkungan pembelajaran yang merangsang kreativitas, meningkatkan pemahaman, dan mempersiapkan peserta untuk memiliki hardskill lintas jurusan.
Mari kita bersama-sama mengembangkan pendidikan yang tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi masa depan dengan percaya diri dan sukses.
SMK BISA …………………………..!
BINA INFORMATIKA PASTI BISA!
Bintaro, 16 Januari 2024
Waka Kurikulum
Ahmad Ridwan Hanafi, Lc.