PRAKERIN adalah singkatan dari Praktek Kerja Industri, yaitu kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha atau dunia industri dalam upaya pendekatan atau untuk meningkatkan mutu para siswa-siswi Sekolah Menengah kejuruan (SMK). Selain sebagai syarat wajib buat Ujian Nasional yang harus dipenuhi oleh pelajar SMK, juga sebagai tempat untuk mengenal dunia kerja yang sebenarnya.

Dalam pelaksanaannya terdapat prosedur tertentu yang harus dipenuhi siswa-siswi, yaitu sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang dipilihnya atau sudah mendapatkan bekal dari guu pembimbing di sekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia industri.

PRAKERIN juga dapat dipergunakan untuk menambah relasi dan berkenalan dengan orang-orang yang mungkin nantinya dapat membantu siswa-siswi setelah menyelesaikan pendidikan SMK. Oleh karena itu, usahakan bergaul dengan sebanyak mungkin orang.

Beberapa tips menarik yang patut diperhatikan tentang Prakerin ini adalah :

  1. Pilih tempat Prakerin yang sesuai keinginan.
    Mungkin di beberapa sekolah ada yang sudah ditunjuk tempat Prakerin dari pihak sekolah.
  2. Bersikap dan berperilaku yang baik dan sopan. Jangan mengenakan kaos dan berperilakulah yang sopan.
  3. Usahakan selalu tepat waktu, aktif bertanya dan segera melaksanakan tugas saat diperintah.
  4. Berusahalah untuk membaur ke semua orang di tempat Prakerin dan tetap menjaga sopan santun.
  5. Bisa menempatkan diri dan ingat akan batasan batasan di tempat Prakerin.

Perlu dijadikan catatan, para pembimbing saat Prakerin mungkin sangat loyal mengajari saat masa Prakerin tapi hal ini belum tentu terjadi saat masa Prakerin usai. Ini umumnya hal untuk test kemampuan siswa-siswi saat Prakerin. Bertanyalah sebanyak banyaknya tentang hal yang diperlukan untuk pelaporan Prakerin sebelum masa Prakerin berakhir. Sehingga saat Prakerin selesai tidak ada beban.

Semangat!