Setelah semua peserta didik menempuh ujian tengah semester (UTS) online yang mulai diselenggarakan sejak 2 minggu yang lalu, esok hari bertepatan dengan Hari Sabtu tanggal 5 November 2016, para orang tua peserta didik diundang untuk menerima hasil UTS putra putrinya. Kegiatan ini tentu saja menjadi agenda rutin SMK Bina Informatika, sesuai peraturan pemerintah, untuk memberikan hasil belajar peserta didik kepada orang tuanya.

Diakui oleh salah satu guru, bahwa hasil UTS atau nilai UTS yang diperoleh peserta didik mungkin belum memuaskan orang tua, karena proses pendidikan masih terus berlangsung sampai ujian akhir semester (UAS). “Masih ada waktu yang cukup untuk peserta didik memperbaiki nilai UTS jika nilai UTS-nya masih jelek alias dibawah nilai KKM”, terang guru tersebut. Jika peserta didik telah mengerjakan ujian remedial (ujian perbaikan), ada kemungkinan nilai UTS telah mencapai nilai minimal KKM, yaitu 78, sambung guru tersebut.

“Sering sih, orang tua kecewa dengan nilai UTS saya, tapi setelah dijelasin guru bahwa masih ada kesempatan untuk memperbaiki nilai, misal dari remedial atau pas UAS, orang tua jadi mengerti”, jelas salah satu peserta didik program Multimedia. Apalagi sebelum ujian remedial kita ada waktu buat belajar ulang, jadinya kita yakin bisa lulus, sambungnya.

Ujian tengah semester adalah kesempatan untuk meraih hasil yang lebih maksimal saat menghadapi ujian akhir semester. Semoga hasil prestasi belajar dapat lebih meningkat seusai UTS.