Sebuah data dari Biro Pusat Statistik (BPS) sempat menimbulkan keheranan dikalangan pendidik SMK. Data yang dimaksud adalah data angkatan kerja Indonesia dan penyerapannya di dunia kerja pada tahun 2014-2015 yang lalu.

Dari data tersebut terungkap rendahnya penyerapan tenaga kerja yang berasal dari lulusan SMK dibandingkan dengan mereka yang lulusan SMA/SMU. Padahal seharusnya sesuai dengan tujuan pembentukan atau pendirian SMK ini adalah untuk menyiapkan tenaga trampil untuk mengisi lowongan pekerjaan dengan keterampilan tingkat menengah, sesuai dengan klasifikasi kebutuhan perusahaan. Apa yang menyebabkan penyerapan tenaga kerja lulusan SMK ini lebih rendah daripada lulusan SMA/SMU?

Inapen, sebuah lembaga pendidikan informal, pernah melakukan penelitian tentang rendahnya penyerapan tenaga kerja lulusan SMK ini di tengah pasar tenaga kerja yang sebenarnya sangat berpotens. Dalam penelitian tersebut ditemukan beberapa kelemahan atau kekurangan dari para tamatan SMK ini, sehingga mereka gagal dan kalah bersaing dengan teman-temannya yang tamatan SMA/SMU.

Hasil penelitian tersebut memberikan kesimpulan bahwa karena merasa sudah menguasai ilmu yang mereka dapatkan di sekolah, para siswa lulusan SMK ini banyak yang merasa tidak perlu lagi meningkatkan kualitas dirinya dengan ilmu-imu lain yang tidak mereka dapatkan di sekolah. Misalnya dengan mengikuti kursus-kursus atau seminar yang tidak ada hubungannya dengan apa yang mereka dapatkan di sekolah namun penting bagi mereka disaat hendak melamar dan memasuki dunia kerja. Kesadaran inilah yang diberikan pada seluruh siswa-siswi SMK Bina Informatika.

Kesadaran akan keharusan untuk meningkatkan ilmu guna meningkatkan kualitas diri dan kompetensi dalam memasuki dunia kerja yang ada dihadapan mereka, membuat mereka mempunyai wawasan yang lebih luas dan lebih siap bertarung memperebutkan lapangan kerja yang  tersedia. Salah satu cara yang ditempuh SMK Bina Informatika untuk meningkatkan kualitas siswa-siswi adalah adanya Program Magang dan Project Work.

 

Disinilah pentingnya memilih SMK yang berkualitas. Program magang pasti dimiliki oleh semua SMK di Indonesia, tetapi program Project Work adalah program yang hanya dimiliki oleh beberapa SMK. Manajemen SMK Bina Informatika telah lama menyadari bahwa masa depan generasi muda harus menjadi prioritas setiap institusi pendidikan.

 

Sumber: Inapen