Berawal dari kesukaannya mengisi waktu luang dengan main game saat menempuh pendidikan di SMK Bina Informatika, Akbar, rupanya jadi ingin tahu bagaimana merancang sebuah game, terutama game untuk smartphone. “Awalnya memang suka main game di komputer, tapi lama-lama jadi pengen tahu gimana buatnya”, terang Akbar. Siapa yang mengira saat ini Akbar mulai dapat menikmati hasil jerih payahnya merancang game.

Ditemui di kampus STTI I-Tech, Akbar menjelaskan bahwa setelah menempuh pendidikan di SMK Bina Informatika pada Program Multimedia dan lulus pada tahun 2013, ia memutuskan untuk melanjutkan kuliah di STTI I-Tech pada tahun yang sama. Ketertarikan pada game dan bagaimana cara membuatnya menjadikan Akbar bersemangat untuk mencari ilmu di Jurusan IT. “Saya kadang penasaran gimana membuat game yang bisa dimainkan oleh banyak orang dan bisa dapat duit dari bikin game”, jelasnya.

Bekal mempelajari ilmu multimedia semasa di SMK Bina Informatika rupanya membawa berkah bagi Akbar. Kualitas guru dan kurikulum pendidikan yang bagus, serta sarana yang mumpuni rupanya membawa pengaruh pada kemudahan memahami materi selama kuliah di jurusan IT. “Saat masuk ke SMK Bina Informatika, saya memang sadar sudah menemukan sekolah yang bagus pendidikan IT-nya. Apalagi rumah saya di Bintaro, jadinya dekat banget.“ tambahnya.

“Nah, saat kuliah ternyata ada mata kuliah tentang game dan bagaimana cara menjual game tersebut, saya jadi tambah tertarik mendalami game.” Jelas Akbar. Selain dari kuliah, ilmu tentang pengembangan game (game development) juga didapat Akbar dari mengikuti berbagai seminar dan workshop terkait game. “Ikut berbagai seminar dan workshop tentang game itu dapat menambah wawasan dan pengetahuan saya tentang monetize game.“ imbuhnya.

Dengan bantuan Google PlayStore, Akbar saat ini mampu meringankan beban orang tua. “Alhamdulillah, dengan pendapatan dari iklan Google PlayStore yang dipasang pada game, saat ini saya bisa meringankan beban biaya kuliah dari orang tua. Buat yang suka main game di HP Android dan masih jomblo, coba deh download game Super Jomblo Adventure di PlayStore, pasti seru mainnya,”candanya sembari berpromosi.

Diakhir obrolan, Akbar juga berpesan kepada adik-adik kelasnya di SMK Bina Informatika bahwa kita harus mengetahui passion kita sehingga kita bisa mencari ilmu dan pengetahuan yang mampu mempertajam passion kita. “Perbanyak teman dan terus berusaha, jangan cepat menyerah,” tambahnya. Sebuah saran yang bagus dari sahabat kita Akbar Kurniawan.