Kita mungkin pernah mendengar kata “Media Interaktif” di sekitar kita. Mungkin juga ada yang belum pernah mendengarnya. Media interaktif ini memang dekat dengan teknologi informasi dan umumnya digunakan sebagai media untuk memberikan informasi dan pembelajaran.

Seels & Glasgow (dalam Arsyad, 2002:33) mengelompokkan media interaktif dalam kelompok pilihan media teknologi mutakhir. Media teknologi mutakhir sendiri dibedakan menjadi (1) media berbasis telekomunikasi, misal teleconference, kuliah jarak jauh, dan (2) media berbasis mikroprosesor, misal computer-assistted instruction, permainan komputer, sistem tutor intelejen, interaktif, hypermedia, dan compact (video) disc.

Media pembelajaran interaktif adalah suatu sistem penyampaian pengajaran yang menyajikan materi video, gambar, teks, animasi dan audio/suara dengan pengendalian komputer kepada penonton (siswa) yang tidak hanya mendengar dan melihat unsur visual dan suara, tetapi juga memberikan respon yang aktif, dan respon itu yang menentukan kecepatan dan sekuensi penyajian (Seels Glasgow dalam Arsyad, 2002:36).

Media pembelajaran interaktif yang dimaksudkan adalah berbentuk Compact-Disk (CD). Bentuk yang lain dari media interaktif adalah aplikasi yang berjalan di smartphone. Media interaktif ini sering disebut CD Multimedia Interaktif dan mobile application.

mobile-apps-1

Media interaktif dalam bentuk mobile application ini sangat menarik karena memiliki keunggulan, yaitu :

– Respon yang cepat dalam penggunaannya.
– Umumnya mempunyai file size yang tidak besar (30 MB)
– Tersedia secara online.

Walaupun demikian, penggunaan media interaktif, baik CD Multimedia Interaktif maupun mobile application, bergantung dari tujuan dan materi informasi/pembelajaran yang akan disampaikan. Selain itu, target pengguna juga menentukan media interaktif mana yang dipilih.

Dari berbagai sumber.