Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci dan sangat dinanti-nantikan oleh para kaum muslim di seluruh penjuru dunia. Bulan kesembilan dalam kalender islam yang penuh dengan ketenteraman, dan hanya datang satu kali dalam sebulan ini, haruslah kita manfaatkan sebaik-baiknya dengan cara beribadah, bersedekah, berbuat baik, mengaji serta mendekatkan diri sebanyak mungkin dengan Allah Swt.

Salah satu cara beribadah yang sudah menjadi agenda khusus bagi para pelajar di Indonesia adalah pesantren ramadhan. Kegiatan ini sudah menjadi kegiatan “wajib” yang diselenggarakan oleh tiap sekolah di Indonesia, tak terkecuali SMK Bina Informatika.

Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan, sekaligus menjadi penutup tahun pembelajaran 2016/2017, SMK Bina Informatika mengadakan pesantren ramadhan untuk kejar X dan XI yang dilaksanakan 2 hari. Yaitu pada hari Senin, 12 Juni 2017 untuk kejar X dan Selasa, 13 Juni 2017 untuk kejar XI, bertempat di Kampus Bina Informatika Bintaro.

Pesantren ramadhan yang dimulai pukul 07.30 ini dibuka dengan kegiatan tadarus al-qur’an bersama, dipimpin oleh peserta didik yang tergabung dalam organisasi siswa intra sekolah (OSIS). Seperti yang kita ketahui, membaca Al-Quran bagi umat muslim memiliki banyak keutaman dan keuntungan khususnya di bulan ramadhan. Seperti sabda Rasulullah Saw berikut ini :

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf, dan Miim satu huruf.”” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no.6469)

Dalam pelaksanaan tadarus Al-Qur’an, para peserta didik laki-laki dan perempuan dipisah dalam ruangan yang berbeda. Laki-laki ditempatkan di ruang A.08 dan A.09 sementara untuk peserta didik perempuan di ruang A.07.

Tak terasa, jam di dinding sudah menunjukkan pukul 09.30 WIB, para peserta didik diberikan waktu istirahat untuk melaksanakan sholat dhuha di ruang serbaguna SMK Bina Indormatika sampai pukul 10.00 WIB

Berikutnya, kegiatan pun dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Bpk. Ubedillah, S.Kom dengan tema Hikmah Silaturahim di bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri dan Bpk. Ustadz Fahman Habibi, SE, MM. dengan tema Puasa ditinjau dari ilmu Fiqih  . Disela-sela pemberian materi, para peserta didik diberikan waktu untuk istirahat sekaligus melaksanakan sholat dzuhur berjamaah.

Setelah waktu ashar tiba, dan pemberian materi selesai, seluruh peserta didik dipersilahkan untuk menuju halaman sekolah guna melaksanakan sholat ashar berjamaah dengan bpk. Ustadz Fahman Habibi SE, MM. sebagai imamnya dan melanjutkan tadarus sambil menunggu adzan maghrib tiba.

Hal yang ditunggu-tunggu pun tiba, pukul 17.48 adzan maghrib berkumandang untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Para anggota OSIS pun berkeliling membagikan air mineral, tahu isi, dan 3 buah kurma sebagai takjil pada kegiatan tersebut.

Setelah berbuka, para peserta didik bersama semua staf pendidik dan kependidikan SMK Bina Informatika melaksanakan sholat maghrib berjamaah. Ada yang menarik dalam pelaksanaan sholat maghrib berjamaah kala itu, dimana bapak kepala sekolah SMK Bina Informatika, Bpk. Drs. Suherman AG, MM. Sendiri yang bersedia untuk menjadi imamnya.

Seperti yang kita ketahui, kegiatan pesantren ramadhan tentu tidak lengkap tanpa adanya makan bersama. Setelah berbuka dengan takjil dan sholat maghrib berjamaah, kegiatan pesantren ramadhan SMK Bina Informatika ditutup dengan makan bersama 2 angkatan (kejar X dan XI) di halaman sekolah. Para peserta didik terlihat sangat antusias dan gembira karena jarang sekali mereka bisa menyantap makanan bersama satu angkatan, kalau bukan saat pesantren ramadhan yang hanya dilaksanakan sekali dalam satu tahun. Agenda terakhir dalam kegiatan pesantren ramadhan ini pun juga sekaligus menjadi ucapan perpisahan mereka sebelum libur tahun ajaran baru yang bertepatan dengan libur lebaran selama kurang lebih 1 bulan.

Semoga pesantren ramadhan tahun ini dapat memberikan banyak manfaat baik bagi semua orang yang terlibat di dalamnya. Minal Aidin wal Faidzin, mohon maaf lahir dan bathin. Sampai ketemu di tahun ajaran baru!

Pemberian Santunan Anak Yatim Miftahul Jannah

Pemberian Santunan Anak Yatim Miftahul Jannah

 

Penyampaian Materi Puasa ditinjau dari ilmu Fiqih oleh Ustadz. Fahman Habibi, SE, MM.

Pemberian Santunan Anak Yatim Miftahul Jannah

Pemberian Santunan Anak Yatim Miftahul Jannah

Maraya Yuli Indralia – XII Broadcast