Menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS) bagi para siswa SMK tentu membutuhkan perhatian besar. Sebagaimana diketahui bahwa UTS ditingkat SMK yang sudah berbasis komputer akan berformat multiple choice, bukan berformat esay di kertas jawaban. Hal ini walaupun sekilas terlihat mudah -karena cuma memilih- tetapi memerlukan ketelitian lebih dibandingkan ujian berformat esay. Persiapan belajar harus lebih ditingkatkan lagi.

Berikut ini beberapa tips bagi siswa-siswi yang akan menghadapi UTS di sekolah.

1. Cobalah mengumpulkan materi pokok

Kumpulkan materi belajar yang didapat sejak hari pertama. Jika perlu, kumpulkan juga materi kuis dan tugas lainnya. Jangan anggap remeh materi-materi ini, karena mungkin saja ini bisa menuntun untuk mempelajari apa yang perlu ketika menghadapi UTS.

2. Ulangi setiap hari

Pastikan bahwa materi pelajaran bisa selalu dipelajari setiap hari untuk mencerahkan kembali ingatan jelang UTS.

3. Review materi

Ketika tiba waktunya untuk mengulang kembali semua materi pelajaran, coba tengok lagi materi apa saja yang sudah dipelajari dari buku wajib dan catatan. Jika sempat, ringkaslah berbagai materi menjadi kalimat-kalimat pendek atau poin-poin penting.

4. Jangan menunda

Tidur akan membuat segar dan siap bertanding di UTS. Jadi, jangan menunda waktu belajar hingga semalam menjelang ujian.

5. Persiapan menjelang ujian

Makanlah dengan baik. Sebaiknya hindari kafein atau gula, karena makanan ini akan membuat energi cepat terkuras. Saat ujian, tidak perlu pusing memikirkan apa saja yang sudah dipelajari dan fokus saja pada soal yang ada di depan mata.

 

Selamat mencoba. 🙂