Iklan adalah pesan atau berita yang bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat luas dan khalayak ramai tentang produk dan atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan dan siap untuk dipindahkan hak kepemilikannya melalui proses jual beli. Media yang digunakan untuk beriklan semakin banyak variasinya sesuai perkembangan jaman dan teknologi. Kita mengenal iklan yang bersifat multimedia, seperti iklan yang ditayangkan di TV atau media online. Iklan lain dapat menggunakan media cetak.

IKLAN

Iklan yang bersifat multimedia memiliki daya tarik yang lebih baik dibandingkan iklan pada media cetak karena beberapa hal, yaitu iklan yang bersifat multimedia memiliki elemen visual yang bergerak dan suara/audio. Karena bersifat multimedia, seringkali iklan tersebut mempunyai cerita dan tokoh yang mampu menambah daya tarik iklan. Itulah dasar dari maraknya iklan bersifat multimedia yang ditayangkan di media TV dan media online.

Dari data asosiasi perusahaan penyedia jasa periklanan diperoleh informasi bahwa belanja iklan di Indonesia di media TV masih yang terbesar, disusul media surat kabar, majalah dan media luar ruang. Data ini menunjukkan juga bahwa berpromosi menggunakan iklan multimedia di media TV sangat diminati perusahaan besar walaupun relatif mahal. Tentu tidak semua iklan TV mampu memberikan dampak positif kepada penjualan produk yang diiklankan. Diperlukan rancangan iklan multimedia yang tepat baik konsep dan eksekusinya agar selama ditayangkan di TV mampu memberikan dampak positif pada penjualan produk yang diiklankan.

Merancang iklan multimedia tentu membutuhkan beberapa hal, yaitu apa produknya, siapa target sasarannya, bagaimana konsep dan eksekusi iklannya, bagaimana media placement-nya, dan lain-lain. Tentu hal ini memerlukan keahlian dari orang-orang dibidang periklanan dan multimedia. Semakin berpengalaman orang-orang tersebut maka semakin besar kemungkinan hasil iklan multimedia-nya membawa pengaruh positif pada produk yang diiklankannya.

Tidak ada salahnya untuk generasi muda belajar tentang multimedia. Selain sebagai passion, mendalami bidang multimedia sangat prospektif di masa depan.