Hai BiSmart Student!! Siapa nihhh yang kangen Upacara 17an di Sekolah?? Siapa juga yang kangen bunyi hentakan kaki temen – temen PASKIBRA yang bikin kaget? Hayoo ngaku.. Hayo ngakuu!! Cung tangaann!!

Taukah Kamu Kini Bina Informatika Hadir kembali di HUT RI ke – 76 dengan nuansa baru, semangat baru, sesuatu yang baru dan tentunya berbeda! Yups!! Bina Informatika mengadakan Upacara Hari Kemerdekaan dengan virtual loh!! Udah pada liat belum? Udah?? Yakan keren kann??

Hah? Apa? Oh kemarin kelewatan? Tidak usah khawatir, kamu bisa lihat siaran ulangnya di Channel Youtube kita Bina Informatika *ssttt jangan lupa di subscribe yaaa 😉

Siapa yang kemarin ikut upacara di zoom? Khidmat banget yaa.. padahal itu di zoom loh L tapi nuansanya dapet banget sampai merindinggg!!! paskibranya juga totalitas banget iya tidak si? Yaa khannn?? Yaa tapi jelas sihh yaa secara eksekusinya memang totalitas dan di laksanakannya juga disertai dengan  tetap mematuhi protokol kesehatan juga lohh!!

Kalau kata Bapak Kepala Sekolah kita, Bapak Esa Hergatama S.Kom.

“Kemerdekaan Republik indonesia bukan diperoleh dari pemberian ataupun hadiah tetapi kita rebut melalui perjuangan melalui semua medan. Perang rakyat, perang griliya, dan diplomasi disemua lini di kerahkan dan buahnya membuat indonesia menjadi bangsa yang merdeka.”

Maka dari itu Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia adalah momentum dimana kita memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia yang mengawali kebebasan rakyat Indonesia untuk menentukkan pilihan, mengenyam Pendidikan dengan baik dan menjadi momen keberhasilan dari pahlawan pahlawan kita terdahulu, yang di akhir masa juangnya dapat memenangkan dan merebut bangsa Indonesia.

Walaupun kita memiliki ruang gerak terbatas dikarenakan pandemi, jatuh bangunnya bangsa Indonesia beberapa saat ini menjadi alasan kuat kita untuk tetap melaksanakan Upacara Kemeredekaan Indonesia sebagai tanda kekuatan, ketangguhan dan rasa syukur yang tiada tara kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Kali ini Upacara Peringatan Hari kemerdekaan Indonesia diselenggarakan live dari SMK Bina Informatika Bintaro, pada Selasa, 17 Agustus 2021.

Sama seperti yang disampaikan oleh Bapak Kepala sekolah kita dalam pidatonya, “Setiap etape memberikan pembelajaran dan sekaligus memberikan perbaikan kepada dirikita. Pandemi covid-19 memacu kita untuk berubah, mengembangkan cara – cara baru, meninggalkan kebiasaan kebiasan lama yang tidak relevan dan menerobos ke-tidak mungkinan untuk terus Maju Tanpa Batas.”

Seperti yang kita ketahui, Upacara kali ini suasananya memang sangatlah berbeda. Sebagai generasi yang adaptif terhadap perubahan, Siswa-siswi SMK Bina Informatika berusaha keras untuk tetap tangguh dan inovatif dalam penyelanggaraan acara ini. Jadi acara ini dilakukan dengan sistem blended atau terdapat daring dan luring.

Petugas Upacara, Inspektur Upacara, Tenaga kependidikan termasuk staff-nya pun juga ikut melaksanakan upacara di sekolah loh, lalu disiarkan langsung melalui zoom meting juga live youtube SMK Bina Informatika dengan mengikut sertakan seluruh peserta didik SMK Bina Informatika mengikuti upacara melalui zoom meeting sekolah.

Di balik acara yang berlangsung ini, siapa saja sih pihak-pihak yang terlibat?

  • Pertama – tama, tentunya upacara kita di hadiri oleh Ketua Yayasan SMK Bina Informatika,
  • Lalu yang kedua, Kepala dan Wakil SMK Bina Informatika,
  • Selanjutnya ada Ibu kita, Ibu Meta Mustika Sari, M.Pd selaku Wakil Kepala SMK Bina Informatika
  • Dan pastinya Pembina Osis, Serta Tenaga kependidikan SMK Bina Informatika.

Pada upacara ini, Ketua Yayasan Ibu Sinta Dewi  S.Pd., M.Kom. Hadir mengikuti upacara memberikan beberapa sambutan mengenai kemerdekaan dan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta dan petugas upacara. Sedangkan Kepala SMK Bina Informatika Bintaro Bapak Esa Hergatama, S.Kom ikut serta sebagai Inspektur Upacara yang turut memimpin jalannya upacara.

Kehadiran Ibu Meta Mustika Sari, M.Pd selaku Wakil Kepala SMK Bina Informatika berkesempatan untuk memberikan beberapa sambutan, dengan ucapan rasa syukur dan terima kasih mewakili seluruh pihak sekolah kepada pelatih, petugas dan siswa-siswi SMK Bina Informatika. Bapak Rizam Nuruzzaman, M.Pd selaku Pembina OSIS juga ikut serta dalam memonitori petugas upacara dan memonitori sistem berjalannya upacara. Lalu tak lupa, seperti yang kalian lihat, beberapa tenaga kependidikan juga staff turut hadir menjadi peserta secara langsung untuk mengikuti dan menyaksikan susunan acara.

  • Pelatih Paskibraka, Tim paskibraka, Petugas Upacara & Tim Bi Channel dari Siswa-Siswi SMK Bina Informatika.

 Mereka- mereka ini adalah kunci awal kesuksesan acara ini.  Dengan segala tenaga, usaha dan waktu mereka curahkan untuk berlatih dan bertugas demi Sang Merah Putih.

Untuk kali ini Tim paskibraka dan Petugas hanya terdiri dari 9 orang, yaitu Pemimpin Upacara, Hamim Bintang Rafly. Pasukkan pengibar bendera yang terdiri dari Gian Rizky Danendra, Salsa Afina Ramadhany dan Marcellino Joshua Kristianto. Dilanjut dengan Pembawa Acara, Anindyta Nasywa Kurniawan. Pembaca UUD 1945, Immanuel Joshua Janis. Pembaca Doa, Keyra Azzahra. Dirigen, Cut Aisyah Putri Athifa dan Pembawa Teks Pancasila dan Proklamasi, Muhammad Althaf Shidqi Kusnadi.

Eits jangan lupa ya, dibalik suksesnya tugas tugas mereka, ada pelatih-pelatih hebat loh yang telah melatih secara intensif agar tugas yang di berikan dapat berjalan dengan baik. Terdapat Kak Daud Salam, Kak Arkan Ezra Faris dan kak Mario Juniarto Pangestu.

Oh iya, pada upacara virtual ini tak hanya tim paskibraka dan petugas upacara saja ya yang bertugas, namun juga di support penuh oleh Tim Bi Channel sebagai tim pelaksana.

Apa itu tim Tim BI channel? Tim BI Channel adalah tim dari salah satu ekstrakulikuler unggul di SMK Bina Informatika yang memiliki tugas-tugas seperti, kameramen, switcher, editor, script writer, reporter, presenter, audio man dan lighting man. Jadi dibalik suksesnya acara, ada BI channel yang totalitas dalam bekerja! Kali ini Anggota Bi channel yang terlibat ada Vito Darmawan sebagai Switcherman, Afrizal, Bimo dan Nabil sebagai Kameraman ditambah Syahrizal dan Adelia Putri sebagai Dokumentasi.

            Selain tim-tim pelaksana langsung di sekolah, ada pula tim design yang bertugas mempersiapkan kebutuhan kebutuhan seperti poster, twibbon, background zoom, bumper video, design opening dan closing dari live  dan zoom meeting SMK Bina Informatika juga beberapa caption. Kali ini pihak tersebut diisi oleh Ketua Divisi TIK  OSIS Anindita Aulia Jasmine, Raditya D. W dan Anindyta Nasywa K. dari divisi TIK, OSIS SMK Bina Informatika

Pihak terakhir yang terlibat adalah Seluruh Peserta didik SMK Bina Informatika yang mengikuti Upacara Secara daring. Walaupun secara daring mereka semua tetap ikut serta loh dalam pelaksanaan upacara, seperti ikut serta melakukan sikap hormat dan bernyanyi Indonesia raya, menyanyikan Mars dan hymne Bina Informatika, lalu Ikut serta dalam pembacaan Pancasila dan menjadi pemeriah upacara pengibaran bendera virtual kali ini!

Lalu, Mengapa sih kita melakukan Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia?

Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009, pasal 7 ayat 3 mengatur tentang kewajiban kita mengibarkan bendera merah putib bagi setiap  warga negara yang memiliki hak penggunaan rumah, gedung kantor, satuan pendidikan, transportasi publik dan transportasi pribadi di wilayah NKRI, serta kantor perwakilan diplomatik Indonesia di luar negeri pada tanggal 17 Agustus. Upacara ini juga mengingatkan momen pada tahun 1945, Jumat, 17 agustus, pada upacara kemerdekaan untuk pertama kalinya.

Diluar sebagai kewajiban, kita juga melaksanakan acara ini sebagai upaya menumbuhkan rasa cinta yang mendalam terhadap tanah air, menghargai jasa para pahlawan, menyampaikan rasa syukur dan agar dapat merasakan semangat dan cinta yang berkobar-kobar di dalam diri kita kepada bangsa Indonesia walupun dikelilingi segala rintangan rintangan yang harus kita lalui bersama.

Untuk pelaksanaan acaranya, terdapat beberapa susunan acara yang dilalui. Dimulai dengan Ketua Yayasan SMK BI, Kepala dan Wakil SMK Bina Informatika Bintaro memasuki tempat upacara, lalu diberikan penghormatan oleh peserta upacara yang di pimpin oleh pemimpin upacara. Dilanjut dengan detik-detik proklamasi dan pengibaran Sang Saka Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, diikuti Momen mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara.

Setelah itu dilanjut dengan adanya pembacaan Teks Proklamasi kemerdekaan Indonesia, Pembacaan UUD 1945, Pembacaan Pancasila dan Amanat dari inspektur upacara. Di lanjut Kembali dengan menyanyikan hymne dan mars Bina Informatika serta lagu Hari Merdeka juga pembacaan doa.

Di akhir pelaksanaa,  Inspektur dan pemimpin upacara dipersilahkan meninggalkan lapangan upacara, barulah adanya penyampaian beberapa sambutan dan pengumuman.

Pada sesi pengumuman dilaksanakannya pembagian sertifikat kehormatan dari SMK Bina Informatika kepada Pelatih dan juga petugas petugas upacara yang telah bertugas.

            Suasana yang tecipta pagi itu sangatlah hikmat, pagi yang cerah ditambah dengan persiapan yang sudah cukup matang, kita semua hadir dalam keaadan siap untuk menaruh jiwa dan pikiran kita hanya untuk Indonesia. Memberikan perhatian dan segenap waktu kita untuk mengingat jasa para pahlawan dan menyaksikan kebanggaan kita, Sang Saka Merah Putih berkibar.

Tema HUT RI ke-76 ini adalah “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh!” dengan harapan, agar segala upaya yang dilakukan untuk membentuk Bangsa Indonesia yang Tangguh dan terus tumbuh dapat dipenuhi oleh restu dari Tuhan Yang Maha Esa. Dengan harapan agar Indonesia dapat tumbuh bersama, bahu-membahu dan bergotong royong demi mencapai satu tujuan. Tak lupa, di masa yang tidak mudah ini kita semua berharap agar Indonesia dapat tetap kuat dan semangat dalam menghadapi rintangan demi rintangan dan tetap Tangguh menerjang segala badai.

Pada susunan acara yang bertuliskan Amanat Inspektur upacara, Kepala SMK Bina Informatika menyampaikan beberapa amanatnya, beliau memulai amanatnya dengan beberapa hal yang harus direlakan dan diikhlaskan di masa pandemi ini, beliau berkata, Semestinya, upacara di lapangan dapat terisi penuh oleh seluruh peserta didik SMK Bina Informatika. Semestinya, beberapa hari yang lalu, berbagai lomba dan kerumunan penuh kegembiraan menyelimuti peringatan HUT RI ke 76 Tahun Indonesia Merdeka. Namun kini semua harus berubah total. Namun Semua ini tidak boleh mengurangi rasa syukur kita dalam memperingati 76 Tahun Repubik Indonesia Merdeka.

Beliau menyampaikan bahwa Pandemi itu seperti Api, kalau bisa, kita hindari. Kalau tetapi, jika hal itu tetap terjadi banyak hal yang kita bisa pelajari. Api memang membakar tetapi sekaligus menerangi. Kalau terkendali dia mengispirasi dan memotivasi. Dia menyakitkan tetapi sekaligus bisa menguatkan. Kita ingin pandemi ini menerangi kita untuk mawas diri, memperbaiki diri dan menguatkan diri kita dalam menghadapi tantangan masa depan.

Beliau berkata, Kemerdekaan Republik indonesia bukan diperoleh dari pemberian ataupun hadiah tetapi kita rebut melalui perjuangan melalui semua medan. Perang rakyat, perang gerilya, dan diplomasi disemua lini di kerahkan dan buahnya membuat indonesia menjadi bangsa yang merdeka. Pandemi covid-19 memacu kita untuk berubah, mengembangkan cara – cara baru, meninggalkan kebiasaan kebiasan lama yang tidak relevan dan menerobos ke-tidak mungkinan untuk terus Maju Tanpa Batas.

Beliau menjelaskan upaya upaya yang dilakukan SMK Bina Informatika untuk tetap dapat mencapai tujuan yaitu menciptakan siswa-siswi yang dapat Maju Tanpa Batas! Beliau menjelaskan proses belajar dan mengajar yang SMK Bina Informatika lakukan demi mencetak generasi berkarakter. Terdapat beberapa kegiatan sekolah yang menyokong visi SMK Bina Informatika seperti adanya Masa Orientasi Sekolah (Morse), Latihan Dasar Kepemimpinan (LDKPD), Upacara 17 Agustus, Isra Miraj dan Graduation XII.

Beliau menyampaikan rasa terima kasih juga kepada salah satu alumni Daniel Jhon Kevin dari Alumni XII Broadcast yang telah memenangkan lomba di tingkat Nasional pada ajang Festival Film dan Seni 2020. Lalu ucapan Selamat dan sukses kepada seluruh alumni yang telah di terima di perguruan tinggi negeri melalui jalur mandiri ataupun Prestasi.

Di akhir-akhir amanatnya ia menyampaikan pesan pesan penting yaitu, “Indonesia tumbuh, Bina Informatika Maju Tanpa Batas hanya bisa dengan sikap terbuka, dan siap berubah dalam menghadapi dunia yang penuh distrubsi.

Indonesia tumbuh, Bina Informatika Maju Tanpa Batas hanya diicapai jika kita semua bahu membahu dan saling bergandeng tangan dalam satu tujuan, kita harus tangguh dalam menghadapi pandemi dan berbagai ujian yang kita hadapi dan kita harus tetap tumbuh dalam menggapai cita – cita.”

Berakhirlah amanat yang disampaikan oleh Kepala SMK Bina Informatika. Dengan penuh semangat beliau mengakhiri amanatnya dengan kata penyemangat “Dirgahayu Republik Indonesia, Dirgahayu Negri Pancasila. Merdeka! Merdeka!! Merdeka!!! Terima Kasih. SMK! Bisa! Bina Informatika! Pasti Bisa!”

Di penghujung acara, setelah upacara selesai, suasana pun berangsur angsur berubah menjadi semakin penuh semangat dan penuh dengan suka cita. Di adakannya foto Bersama agar menjadi kenang-kenangan dari momen berharga Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang dilakukan secara langsung dan virtual.  Foto Bersama dilakukan melalui screenshot bagi peserta-peserta yang mengikuti upacara melalui zoom meeting dan juga foto Bersama yang di lakukan langsung di sekolah Bersama semua pihak-pihak yang hadir di sekolah.

            Dengan diadakannya foto Bersama, berakhirlah kegiatan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di SMK Bina Informatika Bintaro. Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di SMK Bina Informatika Bintaro ini di lanjut dengan perlombaan dalam rangka memeriahkan dan menyebarkan semangat juang, dengan cabang perlombaan, Membaca Puisi dan Cerdas Cermat yang dilakukan di tanggal 16 Agustus 2021 dan 17 Agustus 2021 jam 16.00 sore yang dilaksanakan secara virtual.

Kegiatan yang dilakukan secara daring dan luring ini menjadi simbol bahwa kami tidak akan berhenti untuk tetap berupaya memajukan bangsa dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia! Kita yang juga memiliki peranan sebagai siswa harus bisa mengisi kemerdekaan dengan tidak menyerah atas keadaan pandemi ini yang mengharuskan kita belajar dari rumah. Maka kita harus tetap semangat belajar dan menuntut ilmu dengan pantang menyerah agar prestasi yg kita impikan dapat tetap tercapai. Pandemi ini bukanlah penghalang, pandemi ini adalah rintangan yang harus kita lewati untuk mencapai Indonesia Tangguh! Indonesia Tumbuh! Dan Bina Informatika Maju Tanpa Batas!

Merdeka!Merdeka!

Tangerang Selatan, 19 Agustus 2021

Anindyta Nasywa Kurniawan

Pembawa Acara HUT RI Ke-76

SMK Bina Informatika