Kita baru saja melalui hari yang teramat penting bagi bangsa Indonesia di tahun 2017 ini. Sebuah hari dimana kita semua memahami pentingnya kemerdekaan bagi sebuah bangsa dan kita memperingatinya sebagai hari proklamasi kemerdekaan.

Arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia. Para pahlawan Indonesia telah berjuang mati-matian, mulai dari kedatangan Belanda sampai pada penjajahan Jepang dan akhirnya sampai pada puncaknya pada saat proklamasi perjuangan itu dilakukan.

Segala tumpah darah para pahlawan terbayar ketika Indonesia berhasil memproklamasikan diri sebagai sebuah negara merdeka, terbayar lunas dengan proklamasi. Peristiwa ini tidak berarti sebagai titik akhir perjuangan bangsa Indonesia tetapi malah titik awal perjuangan Indonesia membangun negeri yang telah merdeka dari penjajahan.

Selain itu arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah juga menjadi pernyataan De Facto . Proklamasi pada tanggal 17 Agustus akhirnya menjadi pengakuan kepada dunia luar negeri bahwa Indonesia terlah menyatakan diri sebagai negara yang merdeka.

Setelah pengakuan De Facto akan muncul pengakuan De Jure yang merupakan lanjutan dari efek pengakuan De Facto karena pengakuan De Jure adalah pengakuan dari negara lain bahwa Indonesia telah merdeka. Secara De Facto Indonesia merdeka sejak 17 Agustus 1945. Secara De Jure Indonesia merdeka sejak 18 November 1946 ketika Mesir mengakui kemerdekaan Indonesia.

Semangat kemerdekaan tersebut dapat menjadi pendorong bagi generasi muda Indonesia untuk mengisi kemerdekaan ini dengan karya nyata yang bermanfaat bagi masyarakat. Dengan konsentrasi/fokus pada pendidikan dan memperkuat karakter sebagai anak bangsa, maka generasi muda Indonesia diharapkan mampu menyambung estafet pembangunan bangsa Indonesia dimasa depan.

“Kita harus semangat dalam belajar dan aktif dalam masyarakat dalam arti positif untuk dapat mencapai cita-cita”, kata Akilka, seorang siswa SMK Bina Informatika disela-sela kegiatan berbagai lomba memperingati proklamasi kemerdekaan RI di sekolah.

Semoga semangat kemerdekaan ini mampu meningkatkan kualitas generasi muda bangsa Indonesia untuk tetap memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi bangsa yang cerdas dan bermartabat.

Merdeka! Merdeka! Merdeka!

SMK Bisa!

SMK Bina Informatika Pasti Bisa!