Latihan Dasar Kepemimpinan Peserta didik (LDKPD) adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan serta mewujudkan sikap seorang pemimpin yang memiliki disiplin tinggi, solidaritas, tanggung jawab dan mencintai almamater SMK BINA INFORMATIKA.

Dalam program latihan kepimpinan peserta didik diberikan bekal pengetahuan dengan Pemberian materi kepemimpinan yang dibagi dalam beberapa sesi, seperti :

  •  Sesi Kepemimpinan : Penyuluhan mengenai karakter seorang pemimpin.
    • Sesi Komunikasi : Penyuluhan mengenai cara-cara berkomunikasi (communication) yang benar sebagai layaknya seorang pemimpin.
    • Sesi Problem Solving / Challange – Proses manajemen konflik : Penyuluhan mengenai cara-cara seorang pemimpin memecahkan masalah secara efektif dan benar.
    • Sesi choaching character for student : Training motivasi “Set your goal, reach your dream”
    • Motivasi belajar semasa pandemic

Tujuan dari LDK PD adalah Membekali peserta didik untuk beraktivitas nyata di organisasi dengan pengetahuan serta skill kepemimpinan dan keorganisasian, menumbuhkan jiwa kepemimpinan sehingga mampu mengatur diri dan lingkungannya, Menanamkan kemampuan membuat keputusan dalam memecahkan masalah.

Namun pada kegiatan LDK Tahun 2021 pastinya berbeda dari tahun sebelumnya karena pada tahun ini dalam pelaksanaannya dihadapkan dengan tantangan pandemic, studi from home, PSBB/PPKM Darurat, mengurangi mobilitas kegiatan diluar rumah sehingga pelaksanaan LDK PD ini dilaksanakan secara virtual. Kegiatan LDK PD secara virtual tidak mengurangi esensi dalam mencapai tujuan pelaksanaan LDK PD. Kegiatan ini menjadi challenge bagi pesdik yang melaksanakan kegiatan dari rumah. Tema LDK PD adalah “generasi pemimpin unggul yang maju tanpa batas”. Tema ini memberikan makna bahwa kami ingin membentuk generasi pemimpin unggul yang dapat tetap berprestasi maju tanpa batas dengan tidak harus bertatap muka langsung namun tetap dapat mencapai tujuan LDK PD dalam membentuk seorang pemimpin. Kegiatan pembukaan dibuka oleh Ketua Pelaksana Ibu Meta Mustika Sari, M.Pd dalam pembukaannya memberikan informasi terkait LDK PD, tujuan LDK PD, dan juga ketentuan penilaian dan juga berpesan agar pesdik tetap dapat melaksanakan LDK PD dari rumah dengan hati senang, focus, aktif berdiskusi sehingga materi yang diberikan dapat diterima dengan baik.

Pada hari pertama materi ke-1  yang kami berikan kepada pesdik mengenai “ Persiapkan dirimu Jadi Calon Pemimpin Hebat”. Materi ini memberikan pembahasan terkait (1) Definisi Leadership (Aktivitas Mempengaruhi kelompok),  (2) To lead (memimpin) dengan komunikasi dengan terjalinnya hubungan baik antara pemberi dan penerima pesan, (3) To Develop (Mengembangkan) dengan Menerima tantangan, bangkit dan belajar dari kesalahan, terus mencari ruang untuk belajar, selalu mencoba lagi, (4)  To Get Result (Membawa hasil) dengan Manajemen tugas penting, tidak penting, mendesak dan tidak mendesak. Materi ini menjadi bekal yg perlu dimiliki pesdik dalam menjadi seorang calon pemimpin yang hebat.

Materi ke-2 yang kami berikan mengenai “Set Your Goal, reach your dream”. Membuat mimpi dan mencari cara untuk meraihnya. Dalam meraih mimpi (goal ideal) menggunakan metode SMART yaitu (1) Spesific, goal harus Sederhana dan jelas, (2) Measureable, goal harus dapat terukur dengan kategori berhasil, gagal dan harus ada buktinya, (3) Attainable, goal harus dapat dicapai, menantang sehingga tidak dapat diraih dengan mudah. (4) Relevant, goal Bermakna bagi kehidupan kita, (5) Time Bound, goal harus ada batas waktunya seperti berapa semester atau tahun. Materi ini menjadi bekal yang perlu dipahami pesdik dalam meraih cita-cotanya sehingga ia akan focus dengan cara-cara apa saja yang perlu ia lakukan agar cita-citanya tercapai, karena keinginan tanpa aksi yang benar tidak akan tercapai apapun.

Pada hari kedua di pagi hari pesdik melakukan workout agar tubuh tetap bugar selama melaksanakan kegiatan LDK PD dengan cara mengupload video workout yang dilakukan dirumah pada akun media sosialnya. Nah kemudian, materi ke-3 pesdik mendapatkan materi mengenai “How to Communication in English”, Mampu berkomunikasi dengan baik menjadi bekal pesdik dalam memimpin bahkan dengan menguasai Bahasa asing. Sebagai generasi pemimpin Z pesdik juga harus memiliki keahlian dalam berkomunikasi dengan Bahasa inggris maka dengan ini kami memberikan praktik kegiatan berkomunikasi dengan strategi sebagai berikut, (1) Introduction, welcoming audience, introduce yourselves and your topic merupakan bagian penting yang harus dibicarakan pada saat memulai berkomunikasi Bahasa inggris, (2) Body (AREL), Assertion sebagai kalimat berisi pernyataan terkait topik yang akan disampaikan, Reasoning adalah alasan yang mendukung, Evidence adalah Bukti/fakta yang mendukung, Link Back adalah Mengaitkan kembali dengan topik, Conclusion adalah close your presentation, thanks your audiens, take question. Jadi itu merupakan strategi dalam membahas suatu topik dalam berkomunikasi dengan Bahasa inggris kemudian peserta didik membuat video dengan cara mempraktekin komunikasi Bahasa inggris.

Materi ke-4 pesdik diberikan materi mengenai Problem solving, sebagai seorang pemimpin pastinya akan menghadapi beberapa masalah, dan masalah tersebut perlu ditangani dengan baik/ Maka dengan itu peserta didik diberikan strategi dalam menyelesaikan masalah dengan (1) Merumuskan masalah, (2) menganalisis sebab akibat, (3) Menentukan alternatif pemecahan masalah, (4) Memilih/menetapkan alternative (5) Melaksanakan alternatif pemecahan masalah (6) Evaluasi, Dan selama pandemic pesdik harus belajar dari rumah, maka guru bimbingan konseling pada kesempatan LDK PD ini juga memberikan motivasi eksternal dan internal dalam belajar dirumah dengan tetap dapat meraih prestasi.

Tibalah kita pada akhir kegiatan penutupan LDK PD XIV. Kriteria kelulusan program LDK PD adalah keaktifan, prilaku, Kedisiplinan (mematuhi tata tertib) dan juga penguasaan materi kegiatan. Dalam laporan Ketua Pelaksana Ibu Meta Mustika Sari memberikan informasi tentang berbagai kriteri kelulusan pesdik dan hal apa yang perlu dilakukan pada saat mengetahui hasil kelulusannya, dan juga memberikan informasi angket kegiatan LDK PD. Berdasarkan hasil angket yang telah dijawab oleh pesdik selama mengikuti kegiatan LDK PD 47,5 % menyatakan menyenangkan.

Tak lupa panitia juga menanyakan saran kepada peserta LDK PD tentang kegiatan LDK PD jawaban peserta pun variatif seperti tidak ada saran karena sudah cukup baik buat saya, LDK PD ini bagus dan sangat asik, dan juga ada yang meminta perbanyak games dan kuis lagi dalam kegiatan ini dan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Dengan adanya saran ini menjadi bahan evaluasi panitia dalam mengerjakan Program LDK PD Virtual ini.

Dan juga pastinya dalam kegiatan program LDK PD terpilih peserta terbaik dari tiap kelompok yaitu (1) Ananta Hakim Nabil Putra (Kelompok KI Hajar Dewantara), (2) gathan ghivary (Kelompok Tubagus Muslihat), (3) Sulthan (Kelompok Frans Kaisiepo), (4)  Muhamad Nirwan Alam Riyadi    (Kelompok Pangeran antasari), (5) Jedidiah Faith Gracio (Kelompok Tan Malaka), (6) Mahesa Dinar Violinando budiarto (Kelompok Abdul Halim Perdanakusuma), (7) Rayyan Hilmi Mawald (Kelompok I Gusti Ngurah Rai), Anindyta nasywa (Kelompok Tjuet Muetia) (8) Aishya Putri Amer (Kelompok R.A Kartini) dan May Larasati (Kelompok Dewi Sartika).

Peserta terbaik LDK PD angkatan XIV adalah Anindyta nasywa (Kelompok Tjuet Muetia) dan Rayyan Hilmi Mawald (Kelompok I Gusti Ngurah Rai). Selamat bagi peserta terbaik semoga dapat menginspirasi teman-teman satu angkatannya, peserta terbaik dipilih melalui proses screening oleh panitia dengan diberikan beberapa pertanyaan wawancara dan juga pengetahuannya mengenai materi yang diperoleh. Dan juga kelompoknya pun menjadi kelompok terbaik. Untuk yel-yel terbaik dan paling kreatif dimenangkan oleh kelompok R.A Kartini.

Dalam Penutupan Kegiatan LDK PD XIV. Bapak Drs. Suherman AG, MM selaku Kepala SMK Bina Informatika menutup kegiatan pada pukul 16.00 pada tanggal 21 Juli 2021 beliau memberikan sambutan bahwa kegiatan LDK PD berjalan dengan baik dan sangat berkualitas karena kesiapan dari para peserta LDK PD sejak hari pertama dan kedua konsekuen mengikuti kegiatan acara dari awal hingga akhir sehingga terjadi interaksi positif antara peserta LDK PD dengan narasumber. Ini yang Bapak Kepala sekolah sangat harapkan karena Jika tidak ada ada interaksi positif berarti kita tidak menyimak materi yang disampaikan oleh narasumber. Walaupun dalam laporan tadi yang disampaikan ketua ada beberapa anggota atau peserta LDK PD yang melakukan indispliner dan ini adalah cerminan dari diri kita sebagai calon pemimpin. Untuk menjadi seorang pemimpin itu yang utamanya adalah disiplin.  Kalau kita tidak bisa mendisiplinkan diri kita sendiri bagaimana kita bisa mendisiplinkan orang lain. Jadi dalam sebuah acara ketika kita tidak mengikuti atau melanggar sudah dipastikan itu bukan calon pemimpin. Karena pemimpin itu harus dan disiplin dan menghargai orang lain. Bagaimana kita akan dihargai orang lain jika kita tidak menghargainya. LDK PD merupakan program wajib siswa SMK yang harus diikuti karena merupakan salah satu syarat kelulusan. Kalau kalian mau lulus dan juga tamat sekolah harus punya sertifikat morse dan LDK PD. Nah itu, bagi yang belum lulus tadi ada beberapa kriteria silahkan dipenuhi dan dilengkapi jika tidak mau diulang tahun depan. Ini adalah langkah pertama kalian ditingkat dua, masih banyak kegiatan lain yang kalian ikuti. Jangan sampai langkah pertama sudah tersandung, bagaimana kalian akan melanjutkan langkah berikutnya. Tadi sudah dilaporkan ketua pelaksana dalam kegiatan ldk pd ini ada pemateri menyampaikan tentang kepemimpinan, kemudian tentunya siapa sih pemimpin ini?siapakah calon pemimpin? Calon pemimpin adalah kalian semua peserta didik semua yang mengikuti LDK PD, tidak hanya kalian memimpin diri sendiri dan tidak menutup kemungkinan kalian akan memimpin bangsa ini. Kemudian yang Bapak ulas lagi tentang materi, materi yang kalian dapat hendaknya kalian pelajari kembali dan kalian dapat implementasikan dalam kehidupan sehari-hari ketika kalian menjalankan tugas sebagai pelajar. Kalau itu kalian kerjakan insya allah target kalian 3 tahun kedepan selesai, namun jika tidak punya rencana dan target akan tereliminasi, berdasarkan angket kalian banyak menyukai menyampai target saya tekankan untuk mencapai goal kalian punya mimpi, punya target. Sekarang sedang covid tidak boleh menyerah dengan keadaan dan harus belajar dengan PJJ. Kita tidak boleh menyerah dengan keadaan dan harus berjuang dengan keadaan, jangan pernah menyerah untuk meraih cita-cita.

Secara keseluruhan LDK PD tahun 2021 cukup baik, bagus dan berkualitas sesuai dengan harapan saya, agar kegiatan ini intinya pada penambahan kompetensi siswa. Nah, diharapkan wawasan tentang kepemimpinan dan manajemen bertambah dan akan lahir entepreneur-enterpreneur muda.

Jangan bermimpi menjadi karyawan dan bermimpilah kalian jadi pengusaha atau entrepreneur.

Demikianlah sambutan dan penutupan SMK Bina Informatika oleh Drs. Suherman AG, MM.

Selamat Jalan Bapak Kepala SMK Bina Informatika, terimakasih atas petuah-petuah yang engkau berikan dan LDK PD XIV ini menjadi tugas terakhirmu di dunia ini namun semua kenangan, nasehat dan juga baktimu akan kami selalu kenang.

Semoga semua anak didikmu kelak dapat menjadi entrepeur Sukses dimasa depan. Dan semoga engkau berada surga terbaik Allah SWT.

Penulis,

Meta Mustika Sari, M.Pd